Atasi Nyeri Punggung Dengan Teknik Alexander

Atasi Nyeri Punggung Dengan Teknik Alexander

Punya nyeri punggung akut yang tak kunjung hilang? Bagaimana dengan nyeri otot di bagian tubuh lainnya? Bila nyeri-nyeri tersebut tidak kunjung sembuh setelah pijat refleksi rutin, maka mungkin Anda harus melakukan latihan khusus menggunakan teknik Alexander.
• Apa itu Teknik Alexander?
Teknik Alexander merupakan teknik sugesti diri yang bertujuan membangun kebiasaan bergerak mengikuti cara yang alamiah. Nama teknik ini diambil dari nama Frederick Alexander, aktor Australia yang membuat teknik ini. Sebenarnya, teknik Alexander merupakan hasil dari eksperimen Frederick setelah suaranya menjadi parau. Namun, ternyata teknik ini berguna untuk orang-orang yang mengalami nyeri akut, terutama di bagian punggung.

• Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?
Seperti yang sudah disebutkan diatas, teknik ini dapat menyembuhkan nyeri akut terutama di bagian punggung. Namun, manfaatnya sebenarnya tidak sesederhana itu. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan Frederick, ternyata nyeri tubuh selalu berasal dari daerah tulang belakang, meliputi punggung dan leher. Setelah itu, rasa nyeri tersebut menyebar ke berbagai bagian tubuh. Nyeri itu sendiri disebabkan oleh gerakan dan kebiasaan bergerak yang tidak alamiah, misalnya berdiri bertumpu ke satu kaki saja.

Nah, teknik Alexander ini dapat memperbaiki kebiasaan buruk tersebut melalui sugesti. Sugesti ini akan membantu otot agar lebih rileks. Bila dilakukan terus-menerus, maka sugesti tersebut akan membentuk kebiasaan baru yang lebih baik dan alamiah. Kebiasaan ini akan menyembuhkan nyeri tubuh dengan sendirinya dan menjadikan teknik Alexander metode penyembuhan jangka panjang.

• Cara Melakukan Teknik Alexander
Sekarang, bagaimana sih caranya mempraktekkan teknik ini? Sebenarnya, caranya tidak rumit, lho. Kita hanya perlu memberikan sugesti pada diri sendiri untuk rileks.

Nah, agar lebih fokus kepada otot yang bermasalah, teknik dari ini dapat dipraktekkan dengan mengikuti lima langkah latihan berikut ini:

Atasi Nyeri Punggung Dengan Teknik Alexander
  • Pastikan Anda mendarat dengan sendi pinggul dan tidak langsung menurunkan bobot tubuh saat akan duduk.
  • Saat bangun dari duduk, angkat badanmu melalui sendi pinggul, bukan leher atau bagian badan lainnya.
  • Coba tiduran terlentang di lantai (alasi dengan karpet bila perlu.) Alasi kepala dengan beberapa buku. Tekuk lutut hingga telapak kaki datar diatas lantai. Cukup lakukan latihan ini selama 10-15 menit.
  • Keluarkan udara melalui mulut sembari membisikkan ‘a’ sampai napas habis. Lalu, tutup mulut dan tarik napas menggunakan hidung. Dapat dilakukan sembari tiduran.
  • Saat melakukan aktifitas dengan tangan, bayangkan Anda hanya menggerakkan jari Anda saja. Bayangan tersebut akan menjadi sugesti untuk tidak melakukan tekanan yang tidak perlu dengan tangan.
    Walau teknik Alexander harus dilakukan rutin bak workout, bukan berarti teknik ini merupakan teknik olahraga, ya! Justru, teknik Alexander bertujuan untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks dan fleksibel sehingga otot bisa meregang dan tidak sakit lagi. Untuk hasil yang maksimal, praktikkan teknik Alexander dalam kehidupan sehari-hari!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *