Ada begitu banyak teknik pijat reflaksi yang mungkin telah anda lihat, mulai drai teknik dari nenek moyang kita hingga teknik refleksi yang meurpakan teknik dari negara lain yang telah banyak dipakai di Indonesia. Untuk masalah titiknya, semua teknik refleksi biasanya memiliki titik yang sama dalam pijat refleksi. Ada titik di bagian kaki, bagian punggung, serta titik-titik pada bagian telapak tangan. Yang memebedakan adalah media yang digunakan untuk mengoptimalkan pijat refleksi tersebut. Media apa sajakah yang biasanya digunakan untuk pijat refleksi? Mari kita bahas satu persatu medianya. Di Indonesia, biasanya menggunakan minyak zaitun maupun minyat urut untuk mempermudan terapis dalam melakukan gerakan pijat refleksi. Namun sebenarnya minyak ini juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk menenangkan pikiran kita serta melembabkan kulit kita.

Lanjut ke pijat refleksi dari negara China yang mmeiliki begitu banyak pilihan media. Pijat refleksi ala China biasanya menggunakan media-media seperti jarum untuk akupuntur, karet maupun kayu khusus. Teknik massage dari China inilah yang sebenarnya disebut dengan reflexology. Di tempat ketiga ada media batu hitam yang runcing, digunakan dalam pijat refleksi yang berasal dari Thailand. Biasa juga disebut dengan Thai Massage. Pijatan dengan jari dan juga batu hitam runcing inilah yang nantinya akan membuat badan anda seperti terlahir kembali setelah dipijat. Prinsip yang dipakai oleh pijat refleksi ini adalah penyelarasan energi.

Media selanjutnya adalah sebuah batu halus yang khusus dan telah dipanaskan dulu sebelum digunakan sebagai media refleksi. Teknik refleksi yang satu ini disebut dengan hot stone massage. Pijat refleksi yang berasal dari India ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dengan cara ditempelkan pada titik tertentu. Media batu panas ini cocok untuk anda yang mngalami masalah otot kaku maupun nyeri badan. Media yang selanjutnya adalah minyak aromatik yang digunakan sebagai penyegar suasana dalam Aromatherapy massage. Media yang satu ini sangat cocok untuk anda yang mengalami masalah stress pada bagian otot. Karena stress, otot akan menjadi tegang, dan hal tersebut dapat menimbulkan masalah lainnya seperti migrain dan masalah lainnya. ada juga yang tidak menggunakan media, hanya dengan tangan kosong saja.

Tapi tentunya pijatan denga tangan kosong juga berbeda-beda teknik yang digunakan. Salah satunya adalah teknik deep tissue massage yang cocok untuk anda membutuhkan pengobatan untuk cedera serta menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan. Jenis refleksi yang satu ini lebih terfokus pada teknik gesekan yang dapat memabntu anda mengatasi cedera yang anda alami. Dan itulah berbagai media yang biasa digunakan untuk masing-masing teknik pijat refleksi yang mungkin beberapa diantaranya sudah anda kenal.