Pijat Tanpa Sakit Dengan Teknik Ini

Pijat Tanpa Sakit Dengan Teknik Ini

Bukannya merasa lega, justru lebih sering kesakitan saat atau setelah pijat refleksi? Kalau begitu, mungkin saja pijat refleksi tidak cukup apalagi untuk orang-orang yang pijat untuk menghilangkan nyeri punggung. Namun, merasa sakit bukan berarti sesi pijat Anda sia-sia – mungkin Anda hanya perlu melakukan terapi tambahan dengan teknik Alexander.

• Apa Itu Teknik Alexander?
Teknik Alexander adalah teknik membangun kebiasaan dalam menggunakan tubuh kita sendiri. Teknik ini dibuat oleh aktor Australia Frederick Alexander. Pada awalnya, suara Alexander menjadi parau semakin lama menjalani kariernya. Lalu, ia melakukan beberapa eksperimen tubuh hingga menemukan bahwa kebiasaan buruk saat duduk, berdiri, maupun bergerak dapat membuat orang lupa dengan cara bergerak alamiah manusia dan membuat tubuh anggota  kesakitan dengan sendirinya. Nah, teknik Alexander kemudian diciptakan untuk mengembalikan kebiasaan bergerak orang ke jalan yang lebih alami.

Pijat Tanpa Sakit Dengan Teknik Ini

• 4 Teknik Mudah Praktik Teknik Alexander Di Rumah
Teknik ini sendiri secara umum sangat mudah untuk dipraktikan. Walaupun kita harus sering melatih diri untuk mencapai hasil yang diinginkan, teknik Alexander bukan cabang olahraga yang membuat badan capai apalagi kesakitan. Sebaliknya, teknik Alexander justru lebih mengarah ke relaksasi seperti yoga. Bisa dibilang, teknik ini menganut ‘no pain, only gain’ alias hanya akan membawa manfaat tanpa penderitaan.

Apabila Anda tertarik untuk mencoba teknik Alexander, ada beberapa latihan yang bisa dipraktikkan dirumah, yaitu:
– Saat akan duduk, pastikan Anda mendarat dengan sendi pinggul, bukan pinggang bawah.
– Saat berdiri atau bangun dari duduk, angkat badanmu melalui sendi pinggul, bukan leher atau bagian badan lainnya.
– Coba tiduran terlentang di lantai (alasi dengan karpet bila perlu.) Alasi kepala dengan beberapa buku. Tekuk lutut hingga telapak kaki datar diatas lantai. Kemudian, keluarkan udara melalui mulut sembari membisikkan ‘a’ sampai napas habis. Lalu, tutup mulut dan tarik napas menggunakan hidung. Ulangi proses ini selama 10-15 menit.
– Saat melakukan aktifitas dengan tangan, bayangkan Anda hanya menggerakkan jari Anda saja. Mindset ini akan membantu relaksasi dan mengurangi beban otot tangan.
Selama melakukan empat latihan diatas, pastikan otot rileks dan fokuskan pikiran pada bagian tubuh yang sedang dipakai. Latihan ini bertujuan untuk membangun kepekaan saat menggunakan tubuh kita sendiri dan membangun kebiasaan bergerak yang baik. Selain latihan tiduran, ketiga latihan lainnya dapat dilakukan kapanpun saat akan duduk, berdiri, atau menggunakan tangan.
Lho, bukannya teknik Alexander hanyalah teknik relaksasi saja? Ya, relaksasi memang kunci dari teknik ini. Semakin rileks seseorang, maka semakin fleksibel juga tubuhnya. Bila tubub fleksibel, maka otot pun akan meregang sendiri dan penyakit seperti nyeri punggung akan hilang dengan sendirinya. Teknik ini akan semakin efektif saat dipraktikkan sebagai pendamping pijat refleksi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *